News Update :
Home » » KALOR

KALOR

Penulis : ipaku on 23 Feb 2013 | 8:10 AM

KALOR

 
Pernahkah kamu mengikuti kegiatan perkemahan di sekolahmu? Pada kegiatan tersebutadakah acara api unggun? Apa yang kamu rasakan sewaktu berada di dekat api unggun?Tentu kamu akan merasa hangat bahkan dapat juga sampai merasakan kepanasan. Panas yang dihasilkan dari api unggun merupakan suatu bentuk kalor. Apakah kalor itu? Bagaimanakah kalor dari api unggun dapat sampai ke tubuh kita? Pertanyaan tersebut dapat kamu jawab dengan mempelajari bab ini.



A. Pengertian Kalor 
Peristiwa yang melibatkan kalor sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pada waktu memasak air dengan menggunakan kompor. Air yang semula dingin lama kelamaan menjadi panas. Mengapa air menjadi panas? Air menjadi panas karena mendapat kalor, kalor yang diberikan pada air mengakibatkan suhu air naik. Dari manakah kalor itu? Kalor berasal dari bahan bakar, dalam hal ini terjadi perubahan energi kimia yang terkandung dalam gas menjadi energi panas atau kalor yang dapat memanaskan air.

 

Sebelum abad ke-17, orang berpendapat bahwa kalor merupakan zat yang mengalir dari suatu benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah jika kedua benda tersebut bersentuhan atau bercampur.

Jika kalor merupakan suatu zat tentunya akan memiliki massa dan ternyata benda yang dipanaskan massanya tidak bertambah. Kalor bukan zat tetapi kalor adalah suatu bentuk energi dan merupakan suatu besaran yang dilambangkan Q dengan satuan joule (J), sedang satuan lainnya adalah kalori (kal). Hubungan satuanjoule dan kalori adalah

1 kalori = 4,2 joule
1 joule = 0,24 kalori



Share this article :

Posting Komentar

 
Design Template by Shies Adja | Powered by Blogger